Monday, September 20, 2010

Bule Sotoy Vs Sopir Sotoy

Lagi-lagi soal bule. Cuma kali ini bukan soal temen gue yang dikira bule atau doyan ngejar-ngejar bule (baca: Bule Rakitan Vs Bule Beneran). Tapi soal bule (beneran) yang lagi kebingungan pengen ke Pondok Cabe, hehehe..

Ceritanya gini, kemaren gue mau ke acara halal bi halal Share Traveler (salah satu komunitas backpacker yang gue ikutin di facebook). Berhubung lokasinya berada di daerah Cireundeu, Pamulang. Alternatif angkutan yang paling mudah dari rumah berarti gue harus ke Lebak Bulus dulu naik busway, dilanjut angkot warna biru ke arah Parung, sesuai petunjuk dari yang empunya acara.

Masuk shelter Simprug, seorang bule berperawakan tinggi, putih dan agak kurus sambil clingak-clinguk langsung menyita perhatian seluruh penumpang busway saat dia naik. Khususnya cewek-cewek ’abege’ yang dari tadi berdiri sambil ngobrol nggak jelas di deket pintu, depan gue. Maklum, berhubung saat itu busway-nya memang penuh, jadilah tuh bule juga harus ikutan berdiri di deket cewek-cewek tadi (dan bayangkan, gimana ’sumringah’nya tuh cewek-cewek ’ababil’.. -.-”)

Emang dasar bule kali yah, entah nyadar kalo dirinya jadi pusat perhatian atau apa, sepanjang jalan sampai Lebak Bulus tampangnya kagaaak ada ramah-ramahnya, senyum pun kagak! malah jadi terkesan agak sombong (yasudahlah.. -.-”)

Turun dari busway di Terminal Lebak Bulus, gue langsung bergegas mencari angkot biru yang kira-kira udah mau jalan dan ’ngetem’nya nggak lama. Gue duduk di kursi belakang. Baru beberapa menit merebahkan badan, ternyata tuh bule yang tadi ketemu di busway juga ikutan naik angkot yang sama dengan gue, cuma dia duduk di depan. Dan ternyata emang bener, dasar nih bule banyak gaya! naek angkot pun harus pake kaca mata item ’ngejreng’ segala, dengan frame warna putih mencolok persis kayak kaca mata pantai yang biasa dipake cewek-cewek narsis di pantai! (you know, dengan ukuran lensa besar dan frame tebel model kayak kupu-kupu!? nah..)

Waktu angkotnya baru mau jalan, si bule ngomong ke sopir angkot ”ini ke cabe? cabe?” *gaya bule ngomong*

Sopir angkot *dengan tampang polos, jawab sekenanya* ”hah.. ngg.. iya.. iya..” (keliatan banget lagi kejar setoran.. -.-")

”15? fifteen? lima belas?” tambah si bule sambil mengacungkan angka 1 dan 5 dengan kedua tangannya, sebagai isyarat.

Sopir angkot *tampak cengo’ (lagi mikir kayaknya)*

"Lima belas? fifteen?" ulang bule.

Sopir angkot *masih cengo'*

Selang beberapa lama baru jawab (kayak orang baru dapet 'pencerahan') ”ooowh.. D15!? bukan! bukan! no! no! D15 noh di depan!” *sambil dadah-dadah, terus nunjuk-nunjuk ke angkot warna putih di depan*

Si bule mulai panik, nanya lagi ”airport? airport?” *sambil meragain gaya pesawat terbang dengan tangannya*

Sopir angkot makin bingung, nengok ke belakang ”aduuuh.. ini kagak ada yang bisa bantuin saya apa yak!? ini si bule ngomong apa sih!?” (gubraaak!! wkwkwkwkwk..)

Sumpah, sambil nahan ketawa gue bilang aja ”maksudnya Lapangan Terbang Pondok Cabe pak, bapak lewat sana kan!?”

”ooowh.. yes! yes!" jawab sopir angkot sambil balik badan dan mengangguk-ngangguk ke bule.

Hiyaaa!! capek deeeh!! -.-"

Angkot pun akhirnya jalan. Setelah sekitar 45 menit, sampai juga gue di tujuan. Pas turun dan ngasih uang ke sopir angkot, tuh bule ngeliatin sambil senyam senyum ke arah gue, mungkin sebagai tanda terima kasih kali yah!? *haiyah* hahaha..

Yup, begitulah.. udah bulenya sotoy maen naek-naek aja, ditambah sopir angkotnya juga ikutan sotoy maen jawab-jawab aja! jadilah orang sotoy ketemu orang sotoy, saling 'ngobrol' dengan sotoy dan bingung semua! wkwkwkwk.. =P

2 comments:

Anonymous said...

hahahahhaha luar biasa sotoynya... hahahaha


mantap ceritanya.

mudah-mudahan bule yang bakal gue temenin ga sesotoy cerita lu hihihi

ra said...

haha, Indo banget deh.. bule pake kacamata item bukan untuk gaya2 seperti orang Indo, karena kadang terik matahari Indo itu gak kuat dimata orang2 yang belum terbiasa.. lalu juga mencegah kemasukan debu, jadi kalo bule pakai kacamata item bukan karena gaya seperti Indo, aku juga sering pake kacamata item naik angkot atau metromini.. emang sih dilietin .. tapi bodo amat, lebih nyaman begini..

kalau yg kesotoyan haha.. iyah iyah... kasian amat.. mereka tuh takut nanya, takut dikibulin jadi pede2 aja