Monday, July 19, 2010

Mati Satu Tumbuh Seribu!

saya nggak tau yah, banyak orang bilang kalo seorang ibu itu memiliki ’intuisi’ yang kuat terhadap anaknya. seorang ibu bisa merasakan apa yang dirasakan anaknya meskipun anaknya itu nggak cerita. khususnya masalah-masalah yang menyangkut ’perasaan’, masalah yang terkadang ada kalanya kita sebagai seorang anak ’nggak nyaman’ kalo membicarakannya ke beliau, dan lebih nyaman cerita ke temen atau sahabat. saya yakin bukan cuma saya aja yang pernah merasakan hal seperti itu, mungkin kalian juga? bener nggak? hehe.. =P

oke, lagi-lagi saya mau ’curhat’ disini. jadi, belakangan saya memang lagi ada sedikit ’problem’ with ’something’ that I feel. sesuatu yang bikin saya nggak bisa tidur bahkan sampe nggak bisa konsen ngerjain hal-hal lain, khususnya skripsi. saya nggak mau cerita ’apa’ itu, karena saya yakin kalian pasti bisa nebak sendiri, hehe.. dan jangan tanyakan pula detailnya, karena seperti yang saya bilang sebelumnya, saya nggak begitu nyaman menceritakan ’hal itu’. jangankan ke orang lain deh, ke bokap dan nyokap sendiri saya juga nggak biasa (kalo yang udah baca postingan saya sebelum-sebelumnya pasti ngerti). =D

yah, lagi-lagi pertanyaan ’nggak biasa’ dilontarkan oleh nyokap pagi ini. sebelumnya, saya memang sempet mergokin nyokap lagi ngobrol sama beberapa orang di depan rumah. ada 4 orang, yang jelas saya kenali semua: ibu penjual sayur yang tinggal persis di seberang rumah, dua orang cewek-cowok kakak-beradik tetangga sebelah rumah, dan seorang cewek yang saya tau dia adalah sepupu dari kakak-beradik tetangga sebelah tadi.

saat itu saya sedang di ruang tamu, internetan nggak jelas sambil nonton tivi (rutinitas yang biasa saya lakukan pagi hari kalo lagi di rumah). tiba-tiba saya dengar suara dari luar, sambil sedikit mengintip dari jendela, saya lihat ternyata nyokap lagi ngobrol dengan 3 orang sepantaran saya yang sedang naik diatas satu motor, cowok di depan, dan 2 cewek di belakang, *lucu juga sih ngeliatnya, impit-impitan gitu* hehehe.. saya tau, waktu itu nyokap lagi beli sayur, dan ketiga kakak-beradik sepupuan itu mau berangkat ke kantor. dan percakapan singkat yang terjadi di antara mereka kurang lebih seperti ini:

nyokap ”berangkat nov?” (sebut saja namanya novi) bertanya ke cewek, kakak tetangga sebelah.
novi ”iya nih bude..” (mereka memang biasa manggil nyokap bude)
nyokap ”eh ada ekaaa.. nginep? dari kapan?” bertanya ke cewek, sepupu tetangga sebelah.
eka (sebut saja namanya gitu) ”dari kemaren..”
nyokap ”oooh.. koq nggak pernah keliatan? gimana sekolahnya? kamu udah lulus belom sih? apa masih SMA?”
eka ”hehe.. udah bude, tapi belom kuliah..”
nyokap ”lah, koq belom kuliah?”
tiba-tiba ibu tukang sayur nyeletuk ”mau langsung dinikain kali tuh, nunggu dilamar ya ka? hahaha..”
dan novi pun ikut nyeletuk ”iya, sama mas ricco ya bude yaaa?”
eka *dengan salah tingkah* ”ih, apaan sih loe nov..”
nyokap *sambil senyam-senyum* ”laaah, mas ricco kan belom kerja, lulus kuliah juga belom..”

dan saat itu saya cuma bisa cengar-cengir sendiri di balik jendela. percakapan selesai, mereka berangkat, dan nyokap pun masuk ke rumah.

jujur, sejak pertama ketemu, saya memang sempet ’flirting’ sama eka, hehe.. pernah minta tolong adek perempuan saya (yang masih kelas 5 SD! *emang dasar gila*) buat ngedeketin novi sambil nyari tau tentang eka. nyokap pun sempet curiga, dan sepengetahuan adek saya plus ’sindiran-sindiran’ nyokap ke saya kalo eka lagi maen ke sebelah, kayaknya dia juga ada rasa sama saya (aduh, pede abis deh gue! =P LOL). novi pun kayaknya juga sering ’ngecengin’ eka, entahlah. tapi kayaknya dia sih nggak tau soal gimananya saya ke eka, hehehehe..

kami pertama kali ketemu waktu nyokap tetangga sebelah meninggal, sekitar lebaran tahun yang lalu. waktu itu pas saya memang lagi pulang ke Jakarta (dan masih sering di Jatinangor). eka mengantarkan bingkisan ’berkat’ ke rumah, dan di rumah cuma ada saya. saat buka pintu, saya inget sekali, cuma ada percakapan singkat ”oh, iya, terima kasih..” dari saya, dan situasi ’kecanggungan’ diantara kami berdua. selepasnya? kami jarang bertemu (karena saya lebih sering di Jatinangor) dan dia pun (saya kurang tau) apakah juga jarang main ke sebelah. tapi yang pasti, sejak saat itu saya jadi agak ’penasaran’. dan setiap saya pulang, saya memang selalu ’iseng-iseng’ tanya gimana kabar perkembangan ’tugas’ yang saya berikan ke adik saya, huahahaha.. *ngarep abis!* =P

balik lagi soal pertanyaan ’nggak biasa’ dari nyokap. saat masuk rumah, nyokap tiba-tiba langsung menghampiri saya (yang saat itu langsung balik lagi internetan & berlaga pura-pura nggak tau, hehehe..). tanpa ditanya, nyokap pun cerita aja gitu panjang lebar soal obrolan tadi (maap ya mah, padahal ricco udah tau), hehe.. =P dan diujung ceritanya nyokap bertanya ”co, selama ini sebenernya kamu udah pernah punya pacar belom sih?” -_-” *krik.. krik.. krik..* gubrak!! huahahaha..

baiklah, harus saya akui selama ini (seperti yang saya bilang di postingan sebelum-sebelumnya) saya memang jarang cerita panjang lebar soal urusan ’percintaan’, baik ke nyokap ataupun ke bokap. soal saya punya pacar pun, selama ini saya memang nggak pernah bilang dan memang nggak mau bilang. bagi saya ’amanat’ untuk sekolah dulu yang bener, dan baru pacaran (apalagi menikah) kalo udah punya penghasilan sendiri memang selalu saya pegang baik-baik. makanya (maap, bukannya bermaksud sebagai alesan) hubungan saya dengan ’pacar-pacar’ saya sebelumnya nggak pernah bisa berlangsung lama, disamping memang pastinya ada alasan-alasan lain selain hal itu.

setelah pertanyaan dan ’pengakuan’ panjang lebar dari saya ke nyokap, seperti biasa, ’nasehat’ untuk ’sekolah dulu yang bener’ kembaaaaali keluar, hehe.. it’s fine, saya ngerti dan nggak mempermasalahkan itu. bahkan saya juga meyakinkan beliau untuk percaya sama saya. yah paling tidak, dari pembicaraan kami itu saya jadi tau. sebenernya ada sedikit ’keinginan’ dari nyokap supaya saya punya pacar, punya seseorang yang bisa saya kenalin dan nemenin beliau kalo mungkin mau masak atau belanja bareng. dan sedikit terbersit pula semacam ’persetujuan’ kalo nyokap kayaknya nggak mempermasalahkan gimana kalo saya sama eka, hehehe.. *pede abis!* =P

bagi saya, kejadian pagi ini setidaknya sedikit ’mencerahkan’ wajah dan hati saya yang memang lagi ’galau’. *haiyah!* semoga aja, ini menjadi petanda dan awal yang bagus bagi kisah ’percintaan’ saya ke depannya, *duh ileee..* amieeen! serta merupakan ’pilihan yang tepat’ meskipun memang tetep harus diperjuangkan! ada pepatah bilang ’mati satu tumbuh seribu!’ kata d’masip "jangan menyeraaah.. jangan menyerah!" let’s it flow aja! hehehe.. =P

1 comment:

neycit said...

it's not about money kok co, cewek jaman skrg tau kok kalo cowonya blm kerja dan blm pantes kalo dibeli2in ini-itu, wong itu duit orang tua.. At least that's what I thought.

yaah gpp lah pdkt dulu..

HIDUP EKA! *hiduuuupp!*