Thursday, July 15, 2010

Metamorph Part 1

senin tiga hari yang lalu sekitar jam 10 malam tiba-tiba nyokap telpon. seperti biasanya, nyokap selalu telpon di atas jam 9 malam. maklum, jam segitu beliau baru pulang dari Warung Bakso yang memang tutup sekitar jam 9 malam. jadwal nyokap nelpon nggak tentu, kadang seminggu sekali, kadang dua minggu sekali, bahkan pernah juga sebulan sekali! hehe..

sebagai seorang ibu, wajar adanya menanyakan kabar anak. apalagi kalo anaknya berada jauh dari orang tua, seperti saya yang kuliah di Jatinangor sementara rumah di Jakarta. walaupun kadang pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan ’standar’, dan cuma itu-itu aja. tapi bagi beliau, jawaban-jawaban yang saya berikan tentu terasa ’spesial’. spesial karena paling nggak udah sedikit ngobatin rasa rindunya sama saya, saya sadari benar itu.

satu hal yang sedikit membedakan percakapan kami malam itu adalah ketika nyokap bertanya ”ricco, kira-kira kapan kamu lulus?” hmm..

bagi sebagian besar mahasiswa tingkat akhir, pertanyaan ”kapan lulus?” memang agak sensitif. terlebih bagi saya, karena nyokap sangat jarang sekali bertanya soal urusan kuliah. sesekali nyokap dulu pernah bilang ”yang penting kamu kuliah yang bener, belajar yang pinter, lulus, dan nanti kalo udah kerja jangan lupa bahagiain orang tua dulu, baru nikah..” selebihnya? nyokap nggak pernah tanya soal nilai, IPK apalagi skripsi kalo memang bukan saya yang cerita, bahkan berapa bayaran uang semester kuliah saya pun nyokap sering lupa.

awalnya agak bete juga sih ditanya kayak gitu, saya bilang ”pengennya ya lulus bulan november mah, tapi tau dah agak kurang yakin juga.. abis dosennya susah banget ditemuin! sekalinya ketemu eh skripsinya disuruh revisi lagi, revisi lagi.. mana katanya kalo dibimbing sama dosen bimbingan ricco ini emang bakal lama lulusnya..”

nyokap ngomong ”owh ya udah, iya yang penting kamu ngerjainnya yang bener.. kalo bisa dosennya dirayu, bilang aja orang tua kamu pengen cepet liat anaknya di wisuda, jadi sarjana..” *krik.. krik.. krik..*

nyokap lanjut bilang ”hmm.. abis gimana yah, bukan maksud mama apa, tapi tetangga banyak banget yang nanyain soal kamu.. temen-temen main kamu waktu kecil, anak tetangga depan rumah, semua udah pada lulus, sekarang udah mau kerja.. yah dalem hati sih mamah jadi pengen liat kamu kayak gitu, bosen juga jawab pertanyaan orang kapan kamu lulus? hehe.. kan mamah jadinya kepikiran, iya yah kok anak saya belom lulus? padahal kan kamu masuk kuliahnya juga bareng sama mereka..”

yup! jadilah seketika malam itu perasaan saya campur aduk! antara kesel, sedih, sekaligus bingung. mau gimana lagi coba!? tanya deh, sebagian besar temen kuliah pun saya yakin siapa sih yang nggak pengen cepet lulus!? tapi keadaan (baca: revisi dan dosen yang susah ditemuin) emang kayak gitu, yang kadang justru malah bikin tadinya semangat jadi males-malesan, bener nggak!? *cari pembelaan* hehe..

saya sempat berujar ”yaudah sih mah, nggak usah juga dipikirin omongan orang, yang penting mamah kan tau ricco gimana..”

nyokap ”iya, mamah percaya..”

malam itu saya benar-benar drop, bukan hanya karena pertanyaan nyokap tentang kapan saya lulus, tapi karena nyokap juga bercerita lebih jauh tentang keadaan rumah. saya tidak mau bercerita panjang lebar soal hal tersebut, karena bagi saya problematika keluarga adalah urusan private dan bukan untuk konsumsi umum (hehehe.. maap yah!).

percakapan malam itu berlangsung cukup lama, terlebih soal ’curhatan’ nyokap yang pada akhirnya membuat saya untuk tidak lagi memperpanjang kontrakan rumah di Jatinangor, dan memilih pulang-pergi Jakarta-Jatinangor. kebetulan mulai semester ini saya memang udah nggak ada kuliah, tinggal bimbingan aja dan itu pun seminggu sekali setiap hari Selasa. selama setahun terakhir saya dan teman saya Alex memang ngontrak rumah, masa sewa kami akan habis akhir bulan ini dan wacana untuk tidak memperpanjang kontrakan memang sempat kami bicarakan.

akhir pembicaraan, nyokap sempat berucap sebelum menutup telponnya ”selamat ulang tahun yah ricco, maap mama telat.. ingat kamu sudah 22 tahun, semoga semakin dewasa..”

satu kalimat penuh makna, yang seketika benar-benar terasa menampar dan menyadarkan saya mulai saat itu bahwa bukan saatnya lagi saya masih menjadi beban orang tua. memang sudah saatnya saya mengabdikan diri dan membalas jasa-jasa mereka. paling tidak, diawali dengan serius menyelesaikan apa yang menjadi kewajiban saya sebagai mahasiswa tingkat akhir, yaitu menyelesaikan skripsi tepat waktu. mungkin memang tetap akan ada banyak kendala, tapi semangat itu tidak boleh padam! seperti yang saya rasakan belakangan ini.

maap yah mah, dan terima kasih udah meningatkan ricco.. :)

PS: maap buat Alex, kalo pagi itu pas loe mau beragkat ke kampus tiba-tiba gue ngasih kabar ngedadak nggak lanjutin ngontrak rumah. padahal gue tau banget hari itu loe mau sidang kolokium, hehe.. sory ya bro! you know, siangnya gue emang harus balik ke Jakarta, jadi takut nggak sempet ngomong lagi, thanks..

2 comments:

Anonymous said...

riccoooo, gw sukaa deh tulisan lo di blog lo, wajar sih co kalo mahasiswa tingkat akhir ditanya ky gt jd sensitif apalagi ditanya sm orgtua, bukan makin semangat malah makin ngedrop karena sedih, ttp semangat aja cooo, semua pasti terjadi di waktu yg tepat,
nice article btw :)

Co said...

hahahaha..
makasih carissa..
amien amieeen.. =D