Thursday, July 15, 2010

Metamorph Part 2

Jakarta cerah pagi itu, tapi badan saya terasa masih capek banget setelah Selasa malam sebelumnya saya baru sampai di rumah. nggak kayak di kontrakan, dimana saya bisa bebas bangun siang tanpa ada yang mengingatkan, di rumah saya memang harus selalu bangun pagi. biasanya nyokap yang selalu membangunkan, menepok-nepok kaki saya sambil berucap ”ricco bangun, udah siang.. nanti tidurnya dilanjut lagi, bapak mau berangkat kantor..”

saya nggak tau kalo pagi itu bokap ada di rumah, karena udah dua malam sebelumnya nyokap bilang bokap nggak pulang ke rumah. seperti biasanya, bokap emang sering ke luar kota, kerja lembur cari tambahan buat biaya saya kuliah katanya. sebenernya bokap kerja di salah satu kantor pemerintahan, sejak 14 tahun lebih beliau merintis karir dan karena ’idealisme’nya bokap tetep nggak mau jadi PNS meskipun sering dapat tawaran. bokap lebih memilih jadi pegawai kontrak, karena selain katanya nggak mau jadi ’beban negara’ juga biar bisa nyari sambilan lain di luar. yup! bokap biasa jadi semacam ’personal EO’ untuk kegiatan meeting kantor di luar kota.

pantang bagi saya memang masih tidur kalo bokap mau pergi ke kantor. nyokap yang selalu ngingetin setidaknya kalo saya bangun pagi dan nyalamin bokap yang mau ke kantor, adalah bentuk penghargaan saya terhadap kerja keras beliau. jadi bisa ngasih semacam ’semangat’ gitu buat bokap! hehe..

grasak-grusuk dengan mata yang masih sayu, saya pun langsung bergegas ke kamar mandi. rencana saya hari itu emang mau ke perpus kantor bokap buat nyari bahan skripsi, kebetulan ternyata bokap udah pulang jadi saya bisa berangkat bareng. setelah mandi dan berpakaian, kami sarapan. satu hal yang menyamakan bokap dan nyokap kalo ngobrol dengan saya yaitu mereka berdua memang jarang menanyakan soal urusan kuliah kecuali kalo saya yang cerita duluan. saya maklumi hal itu karena sejak kecil bokap selalu bilang ”bapak sama mamah selalu percaya sama kamu, apapun itu selama bermanfaat dan baik buat kamu ya lakukan.. yang penting kamu bisa mempertanggungjawabkan semua yang kamu lakukan itu..”

saya memang lebih aktif dalam pembicaraan, biasanya saya yang mulai percakapan dengan cerita soal rutinitas kampus, gosip kampus sampai kegiatan saya sehari-hari selama di Jatinangor. selanjutnya, bokap merespon dengan sejumlah pertanyaan-pertanyaan yang terkadang justru berujung jadi sebuah diskusi. salah satu hal dalam keluarga yang saya sukai yaitu menanamkan nilai-nilai ‘demokrasi’ sejak kecil, meskipun terkadang harus ’dipancing’ dulu, hehehe..

setelah ngobrol ngalor ngidul, kami berangkat. jujur, sebenernya saya nggak terlalu deket sama bokap, saya lebih sering ’curhat’ sama nyokap. obrolan sama bokap biasanya nggak lebih dari urusan pendidikan dan masa depan. makanya terkadang sering terjadi miss komunikasi diantara kami kalo sedang bicara diluar urusan itu.

tidak seperti biasanya, hari ini bokap nggak bawa motor, motornya di tinggal di kantor karena emang kalo lembur ke luar kota bokap selalu berangkat langsung dari kantor, dan motor dititipkan ke petugas parkiran kantor. kami naik taxi dari Rawa Belong sampai kantor bokap di bilangan Kebon Nanas-Cawang, di dalam taxi kami pun melanjutkan obrolan. bagi saya, situasi saat itu terasa sangat spesial. pagi hari, sepanjang jalan melintasi Jalan Gatot Soebroto yang saat itu ramai lancar, duduk sebelahan sama bokap, sambil membicarakan rencana masa depan. sangat jarang sekali terjadi.

saya ”pah, kalo misalkan nanti ricco kerja di luar kota gimana yah? pengen deh kerja di luar kota, abis sumpek banget kalo di Jakarta, tiap hari macet! bisa-bisa tua di jalan! hmm.. tapi kalo misalnya nggak di Jakarta juga takutnya malah nggak bisa berkembang, kan kayaknya semua ada di sini, hehe.. jadi bigung..”

bokap ”kamu ini, jangan gantungkan hidup di Jakarta.. Jakarta itu keras! ya kalau memang kamu bisa kerja di luar kota, bagus.. siapa bilang orang cuma bisa berkembang kalo di Jakarta?”

saya *sambil mengangguk* ”iya sih..”

bokap ”kalo bisa malah kamu jangan mencari pekerjaan, tapi ciptakan lapangan pekerjaan.. jangan jadi beban negara, tapi bantu negara..”

saya *krik.. krik.. krik..* (dalem hati: ”jiah mulai lagi deh bokap dengan idealismenya”) ”yaaa.. ricco sih juga pengennya gitu, tapi buat mulai suatu usaha kan juga butuh modal, jadi mau nggak mau harus cari kerja dulu lah buat ngumpulin modal..”

bokap ”emang kamu udah punya rencana kerja apa?”

saya ”pengennya sih kerja yang sesuai hobi, ricco kan suka jalan-jalan ya enak tuh kalo bisa kerja sambil jalan-jalan, biar bawaannya seneng dan semangat terus! hehehe.. jadi wartawan kayaknya seru, atau di EO gitu mungkin? yang penting nggak melulu berangkat pagi pulang malem sama duduk di depan komputer lah, bosen!”

bokap ”bagus itu, setidaknya kamu udah punya gambaran nanti mau gimana dan kemana..”

saya ”amieeen! pengennya juga sih nanti kalo misal udah ada modal mau ngembangin Warung Bakso mama, biar bisa dibikin ’franchise’ ato restoran gitu, hehe.. tapi apa nyoba di bank juga aja yah? peluangnya gede, gajinya juga lumayan.. tapi bisa kena denda kalo misalkan di tengah jalan resign, padahal misal nanti ada tawaran kerja lain yang lebih oke, hmm..”

bokap *senyum miris* ”kamu itu.. yaiyalah, di bank itu kan kamu disekolahin, mereka itu investasi, masa udah capek-capek tapi ilmunya malah dipake buat orang lain? sama kayak kamu, semua orang tua nyekolahin anaknya juga investasi, kalo udah pinter bukannya ngebahagiain orang tua, kebangetan namannya..”

jebbb!! dalem, nusuk tapi penuh makna. yup! lagi-lagi saya diingatkan. meskipun agak sedikit ’nylekit’, saya mencoba untuk nggak menganggap kata-kata bokap (maupun nyokap sebelumnya) itu sebagai ’tuntutan’. saya menyadari betul posisi saya sebagai anak lelaki pertama, yang nantinya memang akan menggantikan posisi beliau sebagai kepala keluarga. makanya, jujur baik bokap maupun nyokap memang kurang tertarik bahkan jarang bertanya ke saya soal ’pacar’ dan urusan percintaan lainnya. satu hal (mungkin) ’negatif’ yang saya tangkap dari nasehat mereka, yaitu adanya rasa ’takut’ kalo nanti saya keburu menikah sebelum sempat membahagiakan mereka. hal yang menurut saya wajar, dan memang saya anggap sebagai bentuk tanggung jawab.

sejak dua percakapan itu, mulai sekarang saya benar-benar bertekad untuk melakukan yang terbaik untuk mereka. semua nasehat yang mereka berikan, entah kenapa jadi seperti ’teguran’ kepada saya yang belakangan ini memang mulai kendur semangatnya khususnya untuk mencapai target lulus bulan november. sebuah perubahan, meskipun kecil, adalah awal dari sesuatu yang besar. seperti ’matamorphosis’ dari ulat menjadi kupu-kupu, sesuatu yang mungkin awalnya terlihat kacau, jelek dan buruk pasti akan indah pada waktunya.

ini adalah saatnya saya harus memulai semangat baru. perubahan kecil, diawali dengan merubah pola pikir saya untuk tidak lagi berpasrah pada keadaan, harus segera saya lakukan. dengan kembalinya saya menulis, dalam blog ini, saya berharap semoga semangat saya yang mulai tumbuh itu juga bisa dirasakan oleh teman-teman yang lain (yang membaca). paling tidak, jika nanti semangat itu mulai kendur, bagi saya blog ini adalah salah satu cara yang mungkin efektif sebagai alat untuk mengingatkan.

SEMANGAT!! YAKIN PASTI BISA!! :D

2 comments:

iphud said...

wew sangar mas bro... :D salam kenal minta supportnya ya juga di sini thanks :D

Co said...

sangar knp mas? hehehe..
salam kenal juga..
wah blog situ keren euy!
nggak kayak saya masih nubi.. =D